• Kontak Kami
  • Hotline : 081222407545
  • SMS : 081222407545
  • BBM : D9CE4356

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 06.00 s/d jam 24.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Tetap Buka.
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Daun Belalai Gajah

Manfaat Daun Belalai Gajah

Diposting pada 18 February 2021 oleh admin

Daun belalai gajah (Clinacanthus nutans) adalah tumbuhan semak yang termasuk keluarga Acanthaceae. Bentuk daunnya bulat panjang dan lonjong dengan panjang 2,5-13 cm dan lebar 0,5-1,5 cm. Tanaman dari keluarga Acanthaceae memang dikenal luas memiliki khasiat untuk kesehatan, tidak terkecuali daun belalai gajah. Hal ini terkait kandungan fitokimia yang dikandungnya, seperti flavonoid, riterpemoid, dan sterol.

Berbagai manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan
Berbagai penelitian mengungkap manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan sangatlah mengagumkan. Tanaman ini bahkan bukanlah benda asing dalam berbagai metode pengobatan tradisional karena daun belalai gajah terbukti memiliki sifat antiperadangan, antivirus, antioksidan, antidiabetes, hingga antiracun. Berikut beberapa manfaat daun belalai gajah untuk kesehatan Anda:

Mengobati herpes

Banyak penelitian yang sudah membuktikan manfaat daun belalai gajah yang satu ini. Ekstrak daun ini terbukti dapat mempercepat penyembuhan pada orang yang terinfeksi herpes, baik karena Herpes Simplex Virus (HSV) maupun Varicella Zoster Virus (VZV).Hasil penelitian menemukan bahwa pasien herpes yang mendapatkan ekstrak daun belalai gajah bisa sembuh dalam 7 hari. Sementara pasien herpes yang hanya mendapatkan plasebo baru sembuh setelah 14 hari terpapar virus yang sama.Ekstrak daun belalai gajah bahkan diklaim memiliki sifat penyembuhan yang sama dengan obat jenis Acyclovir yang memang biasa diresepkan untuk penderita herpes. Kelebihannya, ekstrak tanaman ini memiliki efek samping yang lebih minim dibanding penggunaan obat sintetis itu.Tapi perlu diingat, daun ini hanya membantu menyembuhkan gejalanya saja, tapi bukan menghilangkan virus dalam tubuh. Apalagi virus HSV, di mana virus ini akan selalu berada dalam tubuh penderitanya, serta akan muncul ketika mengalami penurunan daya tahan tubuh.

Menetralkan racun

Manfaat daun belalai gajah yang satu ini bukan karena ia dapat menghalangi penyebaran racun ke dalam saraf. Kandungan pada daun ini mampu menghalangi efek racun yang kerap merusak struktur sel di dalam tubuh Anda. Tak heran bila ekstrak daun belalai gajah sering digunakan sebagai pertolongan pertama ketika ada orang yang digigit ular. Daun ini juga dapat dijadikan obat tradisional ketika Anda digigit kalajengking atau tersengat lebah. Akan tetapi, manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, tidak semua ular memiliki bisa yang sama sehingga tidak cocok digunakan untuk semua jenis ular.

Antiperadangan

Seluruh bagian dari tanaman belalai gajah dapat diolah untuk meredakan peradangan yang berlangsung di dalam tubuh.

Mengatasi masalah pencernaan

Air rebusan daun belalai gajah dipercaya dapat meredakan masalah pencernaan, misalnya sakit perut. Di Indonesia, air rebusan daun ini biasa digunakan untuk meredakan disentri dan penanganan alternatif pada penderita diabetes.Di Tiongkok, tanaman ini biasa diolah menjadi obat tradisional yang dipercaya dapat meredakan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari menurunkan demam, menormalkan siklus menstruasi, mengatasi anemia, penyakit kuning, hingga mengobati patah tulang.

Mencegah demam berdarah

Daun belalai gajah dipercaya memiliki kandungan ethanolic extract yang mampu mencegah penyakit demam berdarah.

Cara mengolah daun belalai gajah
Meski kurang populer di Indonesia, daun belalai gajah sudah banyak diolah menjadi teh herbal di negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia. Daun belalai gajah direbus bersama dengan air mendidih, kemudian diminum seperti halnya Anda meminum teh pada umumnya. Air rebusan daun belalai gajah juga bisa dicampur dengan bahan lain agar rasanya lebih nikmat. Air yang sama juga bisa dijadikan sebagai campuran pada jus apel, teh hijau, maupun perasan tebu dan dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan tubuh. Di Thailand, daun belalai gajah ditumbuk, kemudian dioleskan langsung ke kulit untuk menangani berbagai penyakit kulit. Penyakit yang dimaksud misalnya biang keringat, gigitan ular atau serangga, hingga gejala herpes maupun lesi varicella. Jika Anda ingin mengonsumsinya, jangan sembarang menggunakan daun ini karena dapat menyebabkan alergi bagi yang tidak cocok dengan kandungannya. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi daun ini untuk memastikan keamanannya bagi Anda

Bagikan informasi tentang Manfaat Daun Belalai Gajah kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Daun Belalai Gajah | Ryan Herbal Farm

Belum ada komentar untuk Manfaat Daun Belalai Gajah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 30.000
Ready Stock / DN6
SIDEBAR